Selasa, 18 Agustus 2015

Pemeliharaan Kakus



Beberapa kegiatan yang dianjurkan dalam pemeliharaan sarana pembuangan tinja adalah sebagai berikut:
·         Pembersihan halaman di sekitar rumah jamban dari sampah dan tumbuhan rumput yang tidak dikehendaki.
·         Pembersihan lantai, dinding, dan atap rumah jamban secara teratur, minimal satu minggu sekali, dari lumut, debu, tanah atau sarang laba-laba.
·         Penggelontoran tinja pada lubang pembuangan tinja atau leher angasa setiap selesai penggunaan.
·         Pemantauan isi lubang jamban pada jamban cubluk, jamban air, jamban bor, dan jamban kompos secara berkala terutama pada akhir periode pemakaian yang direncanakan.
·         Pemantauan isi tangki pembusukan secara berkala (setiap 12-18 bulan pada tangki pembusukan rumah tangga dan tiap 6 bulan pada tangki pembusukan   sekolah dan kantor pelayanaan umum) untuk menjaga efisiensi kerjanya, lakukan pengurasan bila kedalaman busa serta lumpur sudah melebihi batas yang dipersyaratkan.
·         Hindarkan pemasukan sampah padat yang sukar atau tidak dapat diuraikan (kain-kain bekas, pembalut, logam, dan sebagainya) dan bahan kimia yang beracun (karbol, lysol, formalin dan sebagainya) kedalam lubang jamban atau tangki pembusuk.

Syarat – Syarat Bangunan Jamban :
·         Harus tertutup, artinya bangunan tersebut terlindungi dari pandangan orang lain, terlindungi dari panas dan hujan, serta terjamin privacynya.
·         Bangunan kakus ditempatkan pada lokasi yang tidak sampai mengganggu pandangan, menimbulkan bau, serta tidak menjadi tempat hidupnya berbagai macam binatang.
·         Bangunan kakus memiliki lanati yang kuat, mempunyai tempat berpijak yang kuat, yang terutama harus dipanuhi jika mendirikan kakus model cemplung.
·         Mempunyai lubang closet, melalui saluran tertentu dialirkan pada sumur penampung dan atau sumur rembesan terutama disyaratkan jika mendirikan jamban dengan tempat penampungan dan rembesan.
·         Menyediakan alat pembersih yang cukup sehingga dapat segera dipakai setelah dilakuakan buang kotoran.